Sukasehat.com – Susu kambing etawa memiliki manfaat bagi kesehatan yang jarang orang ketahui. Kambing Etawa sendiri atau yang sering dikenal dengan Peranakan Etawa merupakan kambing hasil perkawinan silang antara kambing Jamnapari dari India dengan kambing lokal Indonesia.

Satu ekor dari Kambing Etawa yang berkualitas bisa mencapai harga ratusan juta rupiah. Jika melihat dari harga kambingnya saja, tentu sudah pasti memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Harganya yang cukup mahal tersebut juga membuat banyak orang tertarik memeliharanya untuk dijual.

Produk susu kambing etawa di suka sehat sendiri dihasilkan dari kambing-kambing etawa pilihan sehingga bisa menghasilkan susu kambing etawa yang berkualitas tinggi.

Manfaat susu kambing etawa ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Berbagai masalah kesehatan seperti penyakit yang berhubungan dengan lambung (maag kronis), masalah pernapasan, diabetes, kanker, hingga pengeroposan tulang dapat diatasi dengan susu kambing satu ini.

Berikut Manfaat Susu Kambing Etawa bagi Kesehatan yang jarang orang ketahui :

Tubuh mudah Mencerna Susu

Jika anda bandingkan dengan susu sapi, lemak yang terkandung dalam susu kambing lebih rendah. Selain itu, gumpalan protein susu kambing yang dibentuk oleh aktivitas asam lambung juga lebih lembut sehingga akan lebih mudah untuk organ tubuh cerna.

Tidak hanya rendah lemak, susu kambing pun memiliki kandungan laktosa atau gula yang rendah. Itu sebabnya, bagi anda yang mungkin mengalami intoleransi terhadap laktosa atau kesulitan mencerna susu sapi, mengonsumsi susu kambing bisa jadi solusi yang tepat.

Susu kambing bekerja cemerlang bagi pengobatan maag. Tak ada protein kompleks dalam susu kambing yang membuat risiko alergi berkurang jika anda bandingkan dengan susu sapi. Susu kambing memiliki kemampuan untuk menenangkan saluran pencernaan dan memuaskan rasa lapar lebih efektif untuk anak-anak.

Selain itu, Orang dengan masalah usus dapat mengatasi penyakit radang usus dengan susu kambing ini. Sifat probiotik dalam susu kambing mendorong sistem pencernaan berkembang dengan baik.

Mengandung Asam Lemak Esensial Tapi Rendah Kolesterol

Susu kambing etawa mengandung asam lemak esensial. Susu kambing memiliki 35 persen asam lemak bila anda bandingkan dengan 17 persen dalam susu sapi. Nutrisi dalam susu kambing lebih sehat dan lebih baik anda konsumsi mentah bahkan bagi seseorang yang tidak toleran dengan laktosa.

Selain itu, kandungan asam lemak esensial yang tinggi seperti linoleat dan arakidonat mampu menurunkan kadar kolesterol total dan menjaga kadar trigliserida dalam tubuh. Pasalnya, kandungan asam lemak tersebut merupakan sumber energi yang cepat dibakar dan tidak disimpan dalam tubuh sebagai lemak.

Itu sebabnya, manfaat susu kambing etawa bisa jadi salah satu minuman sehat untuk mencegah penyakit jantung.

Susu kambing bisa menurunkan tingkat kolesterol dan bekerja lebih baik bagi yang memiliki masalah usus. Asam lemak antimikroba seperti asam kaprilat dan kaprat ditemukan melimpah dalam susu kambing.

Kaya Kalsium

Sebagian orang menganggap jika susu sapi sebagai salah satu makanan yang tinggi kalsiumnya. Padahal, susu kambing juga kaya akan kalsium dan fosfor yang baik untuk pembentukan tulang.

Orang mengonsumsi susu sapi untuk meningkatkan asupan kalsium dan mencegah keropos tulang, susu kambing di sisi lain juga sangat kaya akan kalsium dan asam amino triptofan.

Baik untuk Perawatan Kulit

Kandungan asam lemak dan trigliserida yang ditemukan dalam susu kambing tidak hanya menjaga kesehatan bagian dalam tubuh, tapi juga bisa memberikan dampak baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Manfaat susu kambing etawa juga memiliki kadar vitamin A yang tinggi, yang bisa membantu melawan jerawat dan memperbaiki kesehatan kulit secara keseluruhan.

Selain itu, kandungan asam laktat yang ditemukan dalam susu kambing juga membantu membersihkan tubuh dari sel kulit mati dan mencerahkan warna kulit. Jadi, jangan heran jika produk susu kambing juga tersedia dalam produk perawatan kecantikan kulit, seperti sabun susu kambing dan masker susu kambing.