Lezatnya Susu Kental Manis dan Cara Penyimpananya

30
Okt 2023
Kategori : Informasi Umum
Penulis : admin
Dilihat :149x

Susu kental manis memang dikenal karena kelezatannya yang manis dan kental, sehingga banyak orang menyukainya. Rasanya yang lezat membuat produk olahan susu ini cocok untuk tambahan berbagai macam hidangan dan minuman.  Susu kental manis sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan kopi, es krim, kue atau bahkan dimakan langsung sebagai camilan.

Sejarah awal pembuatan susu kental manis  yaitu pada abad ke-19. Saat itu terdapat kebutuhan akan makanan nutrisi yang portable, khususnya untuk pelaut dan tentara. Di satu sisi, susu cepat basi sehingga tidak dapat disimpan dalam waktu lama atau dibawa untuk berpergian.

Pada abad ke-19, terdapat kebutuhan akan makanan bernutrisi yang portable, khususnya untuk para pelaut dan tentara. Di satu sisi, susu cepat basi sehingga tidak dapat disimpan dalam waktu lama atau dibawa untuk bepergian.

Melihat permasalahan itu, penemu dari Amerika Serikat Gail Borden bereksperimen membuat susu agar bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama. Pada 1851, dia berhasil menemukan metode untuk mengentalkan susu dengan mengurangi kadar air dan menambahkan gula sebagai pengawet alami.

Susu kental manis menjadi popular sebagai bahan pangan dalam perang sipil di AS dan berkembang ke seluruh dunia pada abad ke-20 hingga sekarang. Popularitas produk olahan susu itu juga di Indonesia pada awal abad ke-20. Bahkan produk ini telah menjadi bagian penting dari kuliner Indonesia, seperti martabak manis, ketan susu, roti bakar, teh tarik hingga es campur.

Tips Penyimpanan Susu Kental Manis


Meski susu kental manis dapat bertahan lama dari pada susu segar, penyimpanan yang tepat sangat diperlukan agar SKM tetap segar dan lezat. Salah satu tips utama adalah menyimpannya ditempat yang sejuk dan kering serta jauh dari sinar matahari langsung. Setelah kemasan dibuka, simpan SKM di suhu ruangan yang konstan dan masukkan ke dalam wadah kedap udara. Selain itu, hindari pula menyimpan susu kental manis di tempat yang berbau menyengat karena produk ini dapat menyerap bau. Jika disimpan dalam lemari pendingin, usahakan segera habis dalam 3-4 hari.

Sebaliknya, jika disimpan di dalam kulkas, pastikan menutup kemasan dengan rapat untuk menghindari tumbuhnya jamur.  SKM yang disimpan di dalam lemari pendingan dapat dikonsumsi dengan aman hingga dua minggu.

Susu kental manis yang sudah dibuka kemasannya juga dapat disimpan di dalam freezer, tetapi bukan ditempatkan di kaleng. Bahkan, kualitas produk ini dapat terjaga hingga beberapa bulan. Namun, SKM yang disimpan di freezer perlu diaduk saat hendak digunakan. Sebab, proses pendinginan membuat lapisan tekstur SKM terpisah dengan sendirinya sehingga perlu diaduk untuk menjaga kualitasnya. Sebagai panduan, jika rasa dan tekstur susu kental manis tidak berubah dalam masa penyimpanan, maka produk ini masih aman digunakan.

Sumber informasi : Kompas.com

Tidak ada komentar

Tinggalkan komentar