Penyebab Tangan Sering Kesemutan dan Cara Menanganinya

2
Nov 2023
Penulis : admin
Dilihat :214x

Apakah anda sering merasa kesemutan ? Sebenarnya kesemutan bisa dialami semua orang, dan penyebabnya bervariasi. Beberapa orang mungkin mengalami kesemutan secara sporadis dan ringan karena posisi tubuh yang tidak nyaman, tekanan pada saraf atau kurangnya peredaran darah sementara. Posisi tidur yang salah atau duduk terlalu lama dengan kaki tertekuk adalah contoh umum yang dapat menyebabkan kesemutan.

Disisi lain, ada juga orang yang mengalami kesemutan sebagai gejala dari kondisi medis yang mendasarinya, seperti masalah sirkulasi darah, gangguan saraf atau penyakit tertentu seperti diabetes.

Mengutip penjelasan dari Siloam Hospital, terdapat sejumlah gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan tangan sering kesemutan dan penting untuk diwaspadai, seperti neuropati perifer, neuropati diabetik, gangguan tiroid hingga stroke. Berikut penjelasannya :

  1. Neuropati Perifer
    Kesemutan pada tangan bisa menjadi gejala dari penyakit neuropati perifer atau kerusakan yang terjadi pada saraf tepi. Saraf perifer (saraf tepi) memiliki fungsi dalam mengirimkan sensasi fisik dari organ tubuh ke otak atau sebaliknya.
    Beberapa kondisi yang dapat memicu neuropati perifer yaitu cedera saraf, efek samping obat-obatan hingga penyakit autoimun.
  2. Neuropati Diabetik
    Salah satu alasan kenapa tangan sering kesemutan yang patut anda waspadai adalah neuropatik diabetic. Neuropati diabetik merupakan salah satu komplikasi diabetes mellitus yang perlu diwaspadai. Kondisi ini terjadi karena tingginya kadar gula dalam darah sehingga memicu kerusahan saraf di dalam tubuh yang menimbulkan sensasi kesemutan dan mati rasa.
  3. Peredaran Darah Tidak Lancar
    Peredaran darah tidak lancar merupakan penyebab tangan sering kesemutan yang paling umum terjadi.
    Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan peredaran darah tidak lancer, seperti :
    – Posisi tidur yang kurang baik
    – Duduk terlalu lama
    – Melakukan gerakan berulang, seperti mengetik, menulis dan memotong
    – Kebiasaan merokok
    – Berat badan berlebihan
  4. Rheumatoid Arthritis
    Penyakit yang menyebabkan tangan sering kesemutan berikutnya adalah rheumatoid arthritis. Rheumatoid arthritis merupakan penyakit autoimun yang menimbulkan peradangan pada sendi. Bila terjadi pada siku, rheumatoid arthritis dapat menimbulkan sensasi nyeri dan kesemutan di tangan.
  5. Carpal Tunnel Syndrome
    Kondisi ini merupakan kondisi medis yang disebabkan tekanan dan iritasi pada saraf di pergelangan tangan. Penderita carpal tunnel syndrome sering kali mengeluhkan gangguan pada tangannya, seperti tidak mampu menggenggam benda tertentu serta kesemutan dan mati rasa dibagian telapak atau pergelangan tangan.
  6. Hipotiroidisme
    Hipotiroidisme merupakan gangguan kesehatan yang terjadi ketika kelenjar tiroid memproduksi hormone tiroid dalam jumlah sedikit. Bila tidak mendapatkan penanganan yang tepat, hipotiroidisme berisiko merusak saraf pada tangan sehingga dapat menimbulkan sensasi kesemutan, lemah, hingga mati rasa.
  7. Stroke
    Kesemutan pada tangan bisa menjadi salah satu gejala dari stroke ringan. Kondisi ini dipicu oleh tersumbatnya pembuluh darah pada otak sehingga merusak saraf-saraf tertentu, termasuk saraf yang mengirimkan sinyal pada tangan.
    Sensasi kesemutan ini perlu diwaspadai apabila dibarengi dengan gejala stroke lainnya, seperti pusing mendadak, hilang keseimbangan, kesulitan berbicara, hingga gangguan penglihatan.
  8. Epikondilitis
    Peradangan pada tedon yang berada di area sikut bisa menyebabkan epikondilitis. Gejala umum bisa muncul sensasi nyeri, kesemutan pada tangan, serta pembengkakan di area siku.
  9. Vaskulitis
    Vaskulitis adalah penyakit yang ditandai dengan peradangan pada pembuluh darah. Kondisi ini dapat menyebabkan perubahan pada pembuluh darah, seperti penebalan, penyempitan, penipisan, hingga penyumbatan. Hal inilah yang dapat mengganggu aliran darah sehingga memicu terjadinya gangguan kesehatan tertentu, salah satunya yaitu kebas dan kesemutan pada tangan.

Untuk mengatasi masalah kesemutan anda juga bisa mengambil cara alami agar tidak menimbulkan efek samping. Salah satu caranya dengan konsumsi susu kambing etawa Sheepbrand Kolostrum 2 kali sehari. Karena kandungan dalam susu Sheepbrand Kolostrum hanya menggunakan gula jagung, sehingga aman untuk anda yang memiliki masalah kesemutan karena faktor gula darah tinggi.
Selain itu, Sheepbrand Kolostrum juga mengandung mineral fosfor yang berperan dalam melancarkan peredaran darah. Segera atasi masalah kesehatan anda sekarang sebelum terlambat !

Dapatkan produk susu kambing etawa asli hanya disini.

Tidak ada komentar

Tinggalkan komentar